[Home][Terms][Scales][Intervals][Triads][Chords]-[Romawi][Progression][9][11, 13, sus, & 6]
SEVENTH CHORDS (7th)
Sebuah 7 dapat ditambahkan pada triad (1-3-5) dan membentuk 4 not yang disebut seventh chord. Ada beberapa macam seventh chords, yaitu:
1. Major 7th
Penulisan Major 7th biasanya disingkat MAJ7 atau lengkapnya Cmaj7. Dalam dunia jazz, penulisan C saja sudah dianggap major 7th. Ada beberapa buku musik menggunakan lambang CM7, tapi saya menggunakan Cmaj7.
Major 7th dibentuk dari sebuah major triad dan satu not yaitu interval major 7th dari root, atau berjarak major 3rd dari outer note pada major triad.
gambar 1. C major 7th
Pada gambar 1, titik hitam (root), biru (inner) dan merah (outer) adalah major triad dan merupakan chord C major. Sedangkan hijau adalah not ke-7 (B), yang mempunyai interval major 7th dari root (C, dot hitam), interval ditunjukkan dengan garis coklat. Atau antara outer note (dot merah) dan not 7 (dot hijau) berjarak major 3rd, ditunjukkan dengan garis biru. Penjelasan ini menerangkan kalimat italic di atas. Sebelum melanjutkan ke model seventh chord yang lain, pahami dulu penjelasan di atas.
Penggunaan chord ini dapat menjadi alternatif yang sangat baik untuk permainan musik kita, khususnya kalau style Anda jazz. Hanya saja Anda harus waspada dalam penggunaannya, agar tidak menghasilkan suara yang kurang pas.
Tips yang perlu diperhatikan dalam penggunaan major 7: Jika Anda memainkan Imaj7, maka hindari melodi pada nada 4 (fa), khususnya jika fa menjadi nada terakhir dalam suatu susunan melodi, karena akan menimbulkan nada yang rasanya kurang pas atau biasa disebut 'disonant'. Nada 4 digunakan hanya sebagai jembatan ke nada lain, jangan sebagai nada pokok atau nada terakhir. Jembatan yang saya maksudkan adalah pengantara dari nada satu ke nada lain, jadi dimainkan secara cepat atau short note, nada pokok maksudnya adalah nada-nada utama yang biasa dibunyikan agak lama, long note. Dalam major 7 nada-4 sering disebut dengan avoid note. Bagaimana jika melodinya memang harus ke 4? Pada prakteknya Anda akan mengubah chord Anda. Karena sebuah lagu tidak selalu bertumpu pada satu chord saja, tapi ada perubahan-perubahan (progresif chord).
Dengarkan contoh ini, pada bagian musik pertama, tidak ada nada 4, bagian kedua mengandung nada 4. Semua dalam progresif I-IV.
2. Dominant 7th
Penulisan dominant 7th biasa disingkat menjadi C7 saja.
Chord ini dibentuk dari sebuah major triad dan satu not dengan interval minor 7th atau berjarak minor 3rd dari outer note pada major triad. Penggunaannya biasanya dari dominant ke tonic.
Gambar 2. C dominant 7th
Saya akan mencontohkan penggunaannya dalam progresif II-V-I, dimana II adalah Dmin7, V adalah G7 dan I adalah Cmaj7. Klik sini.
Dominant 7 adalah satu-satunya chord yang dapat di altered. Pengertian altered di sini adalah menaikkan dan menurunkan not-not tertentu. Not-not yang dimaksud adalah b9, #9, #11, b13. Saya lebih familiar menggunakan b5 dan #5 sebagai pengganti #11 dan b13, karena pada dasarnya sama. Kalau Anda belum mengerti hal ini, silahkan pelajari lagi tentang chord. Chord ini berasal dari jenis melodic minor scale yang ke-7 yaitu altered (B scale dimainkan dalam C melodic minor). Ada beberapa macam jenisnya:
2.1 7#5
Chord ini terdiri dari b7-1-3-5, pada prakteknya nada-1 dihilangkan. Chord ini cukup sering dipakai untuk menggantikan (substitute) dom7 biasa dan bunyinya sangat khas. Ingat baik-baik chord ini karena cukup sering digunakan. Pada gambar 3, dot merah adalah bas, dot hitam dan putih adalah chord.
gambar 3. C7#5
2.2 7b5 (7b5)
Chord ini terdiri dari b7-1-3-#4. Pada prakteknya nada 1 dihilangkan. Jangan tertukar dengan half diminshed. Chord ini juga cukup sering dipakai dalam lagu-lagu jazz.
gambar 4. C7b5
2.3 7b9#5
Chord ini terdiri dari b7-#1-3-#5.
gambar 5.C7b9#5
2.4 Kombinasi 7#9 & 7b9#5 (first inversion)
Ini adalah kombinasi chord yang saya sering gunakan pada dominant. Perhatikan gambar 6, titik merah adalah bass, sedangkan titik hitam, putih dan kuning adalah chord. Mainkan chord dengan bass-titik hitam-dua titik kuning (kombinasi I, chord 7#9), kemudian bass-titik hitam-dua titik putih (kombinasi II, chord 7b9#5).
Saya contohkan dalam progresif minor II-V-I. II adalah halfdim7, V adalah kombinasi I dan II, I adalah Cmin9 atau Cmin7 atau Cminmaj7. Klik sini.
gambar 6. Kombinasi dominant
Dalam prakteknya, chord-chord ini biasa disebut dengan Calt atau ada musisi yang menambahkan '7' menjadi C7alt. Contoh-contoh dapat Anda dengarkan dalam pembahasan chords lainnya.
3. Minor 7th
Penulisan minor 7th biasa disingkat menjadi Cm7
Chord ini dibentuk dari sebuah minor triad dan satu not dengan interval minor 7th (berjarak minor 3rd dari outer note pada minor triad).
gambar 3. C minor 7th
Saya akan mendemokan minor7 ini dalam progresif II-V, dimana II adalah Dmin7 dan V adalah G7. Klik sini.
4. Minor Major 7th
Chord ini dibentuk dari sebuah minor triad dan satu not dengan interval major 7th (berjarak major 3rd dari outer note pada minor triad).
gambar 4. c Minor Major 7th
Chord ini sering dipakai dalam lagu-lagu jazz dan mempunyai sound yang khas, saya contohkan dalam arrangemen ini. Chordnya sebagai berikut: (Cm-Cminmaj7-Cmin7) on C-F7-G#/Bes-G#7-G7alt (#5)
5. Half Diminished 7th
Half diminished biasa ditulis Cm7b5
Chord ini dibentuk dari sebuah diminshed triad dan satu not dengan interval major 7th (berjarak major 3rd dari outer note pada diminshed triad)
gambar 5. C Half Diminshed 7th
Chord ini biasanya pada II dalam II-V-I progression. Dimana II adalah Dm7b5, V berupa Galt & I berupa Cmin7 atau Cminmaj7. Dengarkan contoh 2.4
6. Diminshed 7th
Chord ini dibentuk dari sebuah diminshed triad dan satu not dengan interval minor 3rd dari outer note. Dalam beberapa buku teori musik not ke-6 (A) adalah minor 7th dengan b (flat) atau sering ditulis 'bb7' (double flat). Penulisannya disingkat menjadi C°7. Chord ini lebih sering digunakan dalam musik-musik klasik.
gambar 6. c diminshed 7th
7. Augmented Dominant 7th
Chord ini dibentuk dari sebuah minor triad dan satu not dengan interval minor 7th. Penulisannya C+7
gambar 7 . c Aug Dom 7th
Notes
Karena chord 7 adalah salah satu chord utama yang sering dipakai, maka sebisa mungkin Anda menguasi chord ini. Chord lain yang akan kita bahas berikutnya adalah chord 9.
[romawi][progression][top][9]11, 13, sus, & 6]
[terms][scales][intervals][triads][chords]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
SILAKAN BERGABUNG DISINI.