17 Jan 2011

Prinsip Hubungan Manusia

Hi kawan! Jika ini pertama kalinya Anda mampir ke website zoeham x, mungkin Anda ingin berlangganan artikel terbaru melalui email dari website zoeham x secara gratis. Terima kasih.
Prinsip Hubungan Manusia

prinsip-hubungan-manusia

Pada dasarnya SUKSES bergantung pada KEMAMPUAN HUBUNGAN MANUSIA Anda. Semua keahlian dan keterampilan teknis di dunia tidak akan dapat membuat seseorang mampu mencapai KESUKSESAN, kecuali jika ia bisa mengembangkan hubungan yang baik dengan siapa pun. Bahkan John D.Rockefeller, guru pilosoper dunia pernah berkata:
“I will pay more for ability to deal with people than any other ability under the sun!”

Ini menandakan betapa pentingnya menguasai prinsip hubungan antar manusia.

Tapi pertanyaannya, Apakah saya bisa meningkatkan kemampuan hubungan manusi saya dengan orang lain?

BISA!!! Karena kemampuan hubungan manusia BUKAN bakat, melainkan sebuah PEDOMAN yang terus dijadikan KEBIASAAN

Ada banyak prinsip hubungan manusia yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam kesempatan kali ini, Andri ingin berbagi 3 prinsip yang telah dipilihnya sebagai panutan utama dalam hubungan antar manusia. Mari kita bahas satu per satu

* Hindari SOK (Salahkan, Kritik dan Omeli)
o B.F Skinner, seorang psikolog terkenal dunia, membuktikan lewat pengalaman-pengalamannya bahwa seokor binatang yang diberi hadiah karena bertingkah laku baik, akan belajar lebih cepat dibandingkan seekor binatang yang di hukum karena bertingkah laku buruk.
o Studi-studi berikutnya menunjukan bahwa hal yang sama berlaku pada manusia. Lalu, mengapa kita tidak menggunakan cara yang sama ketika berusaha merubah orang lain? Mengapa kita tidak menggunakan pujian dari pada cacian. Mari kita memuji dengan tulus untuk kemajuan sekecil apapun! Hal ini
o Dengan mengkritik, kita tidak akan membuat perubahan yang utuh. Malah sering kali menimbulkan rasa benci. Ingat bahwa semua orang BODOH bisa menyalahkan, mengomeli, dan mengkritik orang lain, dan semua orang bodoh melakukannya. Orang yang ingin berhasil dalam hubungan manusia akan menghindari hal ini (SOK)!
o Contoh sederhana, bila ibu kita meminta kita pergi belanja sayuran, misal tempe, tahu, kentang, dan telor. Sesampainya di rumah, ternyata kita lupa membeli tahu. Ada 2 kemungkinan reaksi ibu kita.
o Pertama, Kita akan dimaharahi karena lupa membeli tahu. Bila hal ini terjadi, yang ada malah kita merasa kesal, karena kita sudah bersusah payah pergi belanja, tapi malah kena marah. Bukannya membela diri, tapi coba perhatikan ini, kita memang melakukan 1 kesalahan, TAPI kita melakukan 3 hal yang benar. Lalu mengapa yang dilihat hanya kesalahannya???
o Kedua, Ibu akan berterima kasih atas pertolongan kita lalu berkata “nak, apa tadi ibu lupa kasi ya tahu sekalian beli tahu, tapi tidak apa-apalah terima kasih ya!” Kita pasti senang mendengar perkataan seperti ini. Walaupun kita salah, kita tidak “dicaci” melainkan mendapatkan ucapan terima kasih. Karena memang pada kenyataannya kita memang melakukan 1 kesalahan, TAPI kita melakukan 3 hal yang benar. Bahkan kita bisa langsung menyadari kesalahan dan meminta maaf lalu langsung pergi beli tahu yang terlupakan.
o Masuk akal, bukan?!

* Berikan Senyum Keramahan Anda!
o Professor James V. McConnell seorang psikolog Universitas Michigan mengekspresikan perasaannya mengenai senyuman, “orang yang tersenyum cenderung mampu mengatasi, mengajar, menjual lebih efektif, dan membesarkan anak-anak lebih bahagia. Senyuman mendorong semangat, menjadi alat pengajaran yang jauh lebih efektif dibandingkan kerutan di kening.”
o Contoh sederhana betapa luar biasanya sebuah senyuman, pernahkah Anda melihat seorang bayi mungil tersenyum kepada Anda saat Anda sedang banyak masalah. Seketika itu juga, Anda membalas senyuman dan merasakan sedikit kelegaan. Mengapa? Itulah kehebatan sebuah senyuman yang tulus.
o Nilai sebuah senyuman bisa di tulis seperti ini:

Dia tidak meminta bayaran, namun menciptakan banyak

Dia memperkaya mereka yang menerima tanpa membuat melarat mereka yang memberikannya

Dia hanya terjadi sekejap namun kenangannya terkadang bertahan selamanya

Tak seorang pun yang begitu kaya mampu bertahan tanpanya, dan tak seorang pun yang begitu miskin hingga tak memiliknya

Dia menciptakan kebahagiaan di rumah dan mendukung niat baik dalam bisnis

Dia memberikan istirahat untuk rasa letih, sinar terang untuk rasa putus asa, sinar mentari bagi kesesihan dan menjadi penangkal bagi kesulitan

Namun, ia tidak bisa dibeli, dimohon, dipinjam, atau dicuri, karena dia adalah sesuatu yang tidak berguna sebelum diberikan pada orang lain.

* Jadikan orang lain PENTING
o Hanya ada satu cara dibawah surga untuk menggugah siapapun melakukan apa saja yang Anda inginkan. Apakah Anda pernah memikirkan hal ini? Ya, hanya ada satu cara dan tidak lain adalah dengan membuat orang lain melakukannya dengan cara memberi mereka apa yang mereka inginkan!
o John Dewey, salah seorang filsuf Amerika yang paling terkenal, mengungkapkan hal ini dengan cara berbeda. Ia berkata bahwa desakan yang paling dalam pada sifat dasar manusia adalah “hasrat untuk menjadi penting.” Ingatlah ungkapan itu “HASRAT UNTUK MENJADI PENTING.”
o Mengapa orang-orang berlomba-lomba menjadi NOMOR 1? Mengapa orang-orang membeli mobil-mobil mahal? Jawabannya tidak lain adalah hasrat paling dasar manusia untuk menjadi penting!!!
o Contoh lainnya, coba Anda bayangkan saat Anda bertamu kerumah teman, Anda disambut dengan begitu “pentingnya.” Ia menyambut Anda layaknya tamu kehormatan. Bagaimana perasaan Anda? Lalu apa yang Anda lakukan saat teman Anda ini mau bertamu kerumah Anda? Saya yakin Anda akan melakukan hal serupa bahkan bisa lebih lagi. Hal ini wajar saja karena Anda telah mendapatkan perasaan “penting” dari teman Anda.
o Menarik bukan?!

Dengan menerapkan prinsip hubungan manusia ini, Andri telah mengalami perubahan yang luar biasa dalam hidup! Andri berharap, prinsip yang sama juga dapat Anda praktekan, dan rasakan perubahan yang luar biasa dalam hidup Anda!

Semoga bermanfaat!

zoeham x
p.s. Artikel ini dikembangkan secara bebas dari buku how to win friend and influence people karangan Dale Carnegie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAKAN BERGABUNG DISINI.

D'RAJA DUGEM CLUB KUALA LUMPUR

D'RAJA DUGEM CLUB KUALA LUMPUR
+601114293889