20 Nov 2010

CHORDS

[Home][Terms][Scales][Intervals][Triads]-[Romawi][Progression][7][9][11, 13, sus, & 6]




C H O R D S



Tanpa terasa (atau malah terasa sekali ... pusing:) kita telah sampai kepada pembahasan tentang CHORDS. Untuk 'kenyamanan' Anda, pastikan Anda telah mengerti tentang scales, intervals dan triads.

Dalam bagian ini kita akan membahas beberapa pokok penting berkaitan dengan chords, antara lain:

- Triads ke Chords, pengertian Chords
- Penamaan Chords
- Chord Inversion

Pembahasan akan chords bisa sangat panjang dan mendalam, tapi dalam lesson ini saya berusaha untuk memberikan secara singkat padat dan sejelas mungkin. Pembahasan chord terbagi pada beberapa halaman.

triads ke chords

Pertanyaan utama yang perlu dijawab, "Kapan Triads akan menjadi chords"?
ROOT

TRIAD

Kombinasi Triad (3rd)

KUALITAS TRIAD
C

C-e-g

major-minor

MAJOR
D

D-f-a

minor-major

MINOR
E

E-g-b

minor-major

MINOR
F

F-a-c'

major-minor

MAJOR
G

G-b-d'

major-minor

MAJOR
A

A-c'-e'

minor-major

MINOR
B

B-d'-f'

minor-minor

DIMINISHED

tabel 1. C major scales

Perhatikan tabel 1. Saya akan gabungkan antara kolom 'Root' dan 'Kualitas', maka akan menjadi :

C MAJOR - D MINOR - E MINOR - F MAJOR - G MAJOR- A MINOR- B DIMINSHED

Penggabungan inilah yang disebut CHORDS.

CHORDS = ONE TRIAD'S ROOT COMBINE WITH ONE TRIAD'S QUALITY

Perlu diingat bahwa C tidak selalu berpasangan dengan 'major' atau B dengan 'diminished'. Semua bisa bervariasi, tergantung rootnya apa. Tetapi saat ini kita dalam konteks C major scale. Tapi kalau Anda tanya apakah dalam C major scale susunannya sudah baku seperti itu, jawabannya "YA".

Mungkin nanti Anda akan menemui triad yang ditambahkan dengan dua identitas didepannya, misalnya 'CEminor', itu istilahnya 'Salis', alias Salah Tulis, he...hee... sekali lagi jangan terlalu tegang, rileks aja belajar musik, make it fun ...!

Btw, pada perkembangannya, kata 'major' biasanya tidak dituliskan, sehingga 'C major' cukup ditulis 'C' saja, sedangkan triad yang lain tetap ditulis, C minor, C diminished, C Augmented, dan biasanya disingkat Cm, Cdim, dan Caug.

Coba simak percakapan di bawah ini, kira-kira siapa yang salah:

Keyboardist (K): Hallo bassist , ayo kita latihan di studio, kan bulan depan kita akan ikut festival band?
Bassist (B): Ok, let's go. Alatnya sudah lengkap semua ya?
K: Sudah , tinggal dipakai aja kok.
Sampai di studio.
B: Kita mau main lagu apa?
K: Saya pingin arrange ulang lagu "For The Lord is good", yang versi Tom Brooks di album "Sing Out". Kayaknya asik banget tuh lagu.
B: OK, saya sih ngikut aja, btw, kita main di chord apa?
K: Kita main di major aja ... nanti setelah interlude kita modulasi whole tone.
B: Major!?! Tapi chordnya apa? Rootnya dimana?
Berhubung keyboardisnya baru belajar triad di website IM-MC:), dia bilang
K: Pokoknya triad yang major. Ok, sekarang intro ...
B: Trias? appan tuh ? chord baru?
K : Major Triad, bukan trias, gak denger ya tadi saya bilang ...?!?
Berhubung si bassist feeling juga kurang 'jalan', dia berusaha nyari kunci trias itu yang mana, he..he.. dan gak ketemu-ketemu, alias tidak 'nyambung' sama 'triad major' yang lagi dimainin si keyboardist. Beberapa menit kemudian si bassist keluar dari studio sambil menggerutu ... Karena bingung, pergilah dia ke warnet dan browsing ke im-mc.org, nyari tau apa sih 'major triad' itu .... jangan-jangan mafia berpangkat major:)

Kira-kira siapa yang salah? Mungkin Anda bilang saya yang salah, karena kurang jelas penjelasan tentang triad dan chord di website ini:) Ok, pasti Anda sudah tahu siapa yang salah, jelas dua-duanya salah, si keyboardist tidak sebutkan apa rootnya dan si bassist juga tidak mengerti apa itu triad, apalagi major triad. Tapi setelah pulang dari warnet, semua jadi clear as crystal:)

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti apa itu chord, kapan bisa dibilang chord, bagaimana proses terbentuknya, apa fungsi triad dalam chord? Sekarang kalau rekan Anda tanya, kok chord C itu mencetnya begini, dengan mudah Anda dapat jelaskan secara mendetail, bukan dengan jawaban "memang dari sononya begitu" atau "memang enaknya di situ", tapi Anda jelaskan mulai dari not, scales, intervals, triads, dan chords, kalau rekan Anda masih bingung, suruh aja buka im-mc.org :)

Penamaan CHORD

Bayangkan kalau kita lahir tanpa nama dan memang orang tua kita tidak memberi nama buat kita, pasti orang lain akan kebingungan untuk memanggil kita. Pemberian nama sangat penting sebagai identitas, di salah satu suku di Indonesia, cara pemberian nama cukup unik, pokoknya apa yang lagi dipikirkan oleh orang tua pada saat itu, itulah nama yang diberikan kepada bayi yang baru lahir, sehingga mungkin kita akan menemui orang yang namanya sayur, wortel, bayam, kangkung, asal jangan nama hewan saja :).

Ok, hanya intermezzo saja, kembali ke teknik pemberian nama chord. Mungkin Anda sering menjumpai chord Adim, atau Dmin7 atau C13, mengapa bisa begitu? Atau teman Anda tanya, kok ini bisa ada angka 7, 11 atau 13? Tenang saja, saya percaya setelah Anda baca penjelasan di bawah ini, Anda akan dapat menerangkan dengan mudah kepada teman Anda.

Hampir semua penjelasan saya didasarkan pada C major scale. Pertanyaannya, "Apakah dapat diaplikasikan ke not yang lain"? Tentu saja bisa dan dijamin tidak fals, asal mengikuti aturan yang benar.

Tabel berikut adalah C Major Scale yang diperpanjang lebih dari satu oktav, menjadi:
C

D

E

F

G

A

B
C' D' E' F' G' A' B'
1

2

3

4

5

6

7
1' 2' 3' 4' 5' 6' 7'

tabel 2. C major scale

Saya akan mengganti angka-angkanya menjadi:
C

D

E

F

G

A

B
C' D' E' F' G' A' B'
1

2

3

4

5

6

7
8 9 10 11 12 13 14

Tabel 3. C major scale panjang

Dalam konteks Chord, maka akan digunakan interval 3rd, baik major minor.
Seperti pada pembahasan triad lalu, kita cocokkan apakah major atau minor 3rd yang akan sesuai dengan C major scale. Mulai dari root ke kanan sebanyak 3rd, sampai angka terakhir, hasilnya yang cocok saya tandai dengan warna merah, menjadi:
C

D

E

F

G

A

B
C' D' E' F' G' A' B'
1

2

3

4

5

6

7
8 9 10 11 12 13 14

tabel 4. C major scale 'Red'

Mungkin muncul pertanyaan dari Anda? Kenapa bukan 10?
Maka kita harus melihat satu angka disebelah kiri 10 yaitu 9. Kalau kita hitung dari angka 9, maka untuk mendapat interval 3rd yang sesuai di C major scale, kita akan menggunakan minor 3rd dan hasilnya adalah 11 atau F', kalau kita menggunakan major 3rd, hasilnya adalah 11.5 atau F#. F# bukan termasuk dalam C major scale.

Kenapa bukan 12? Coba Anda jawab sendiri.

CHORD Inversion

Sebagaimana konsep triad inversion, chord inversion tidak jauh beda, hanya saja karena telah disebut chord, maka ada kemungkinan lebih dari 3 not. Misalnya saya akan inversi Cmaj7:
Posisi dasar adalah C-E-G-B:


Gambar 1. Posisi dasar

Kemudian C dipindahkan menjadi outer note, menjadi E-G-B-C':


Gambar 2. Inversi I

Kemudian E dipindahkan menjadi outer note, menjadi G-B-C'-E':


Gambar 3. Inversi II

Kemudian G dipindahkan menjadi outer note, menjadi B-C'-E'-G':


Gambar 4. Inversi III

Inversi II biasanya memberikan output dengan tekanan paling kuat ('tekanan' sering diistilahkan dengan kata 'tension') dibanding inversi I atau III. Kita akan lihat hal ini dalam pembahasan progresif chords.

note

Kita akan membahas angka-angka yang berwarna merah yaitu 7, 9, 11, 13, sedangkan 1, 3, 5 sudah di bahas dalam triads. Berdasarkan angka-angka tersebut kita dapat menentukan nama dari sebuah chord. Tapi sebelum membahasnya, kita harus mengerti dulu akan tiga topik penting yaitu angka romawi, slash chord dan chord progression. Karena dalam pembahasan chord akan sering di pakai istilah-istilah di atas.

Silahkan ke romawi terlebih dahulu.

[romawi][progression][7][9][11, 13, sus, & 6]

[terms][scales][intervals][triads][TOP]

1 komentar:

SILAKAN BERGABUNG DISINI.

D'RAJA DUGEM CLUB KUALA LUMPUR

D'RAJA DUGEM CLUB KUALA LUMPUR
+601114293889